MEMBUAT EFEK 3D TIMBUL DI LOGO MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

Rabu, 29 Januari 20141komentar


MEMBUAT EFEK 3D TIMBUL DI LOGO MENGGUNAKAN PHOTOSHOP.

Irham Mustofa – 18/01/2014.         #Artikel 1
                                       

Halo Bung!! Apa kabarmu? Dunia makin canggih aja di zaman sekarang. Nah, jadi sangat berguna kalau kita belajar ilmu yang lebih ke teknologi lagi. Apalagi kalo udah menjurus ke seni desain modern, wah rasanya udah makin menarik untuk dinikmati aja yaa.



Pada kesepatan ini, saya akan memberi sedikit tutorial untuk membuat gambar memiliki efek 3D timbul pada sebuah logo 2D biasa yang mengunakan aplikasi favorite saya, Adobe Photoshop. Gimanaaa?? Tertarik ga nih? Hehehe.
Untuk requirement Photoshopnya, saya sarankan sih yang udah CS3 atau ke atasnya. Nah buat yang belum punya, pakai seadanya aja juga bisa, asal kreatif aja. Atau mau coba download, banyak kok di Mbah Google. Baiklah, siap untuk memulaikan?

Untuk hasilnya, seperti berikut :




Logo SMKN 24 kebanggaan nih bung yang buat contohnya :)
Tapi sebelumnya, saya mau ngasih spoiler desktop saya nih hehe  :D



Widih mantep kan?? :D Untuk membuat tampilan desktop yang isinya disusun menjadi beberapa kelompok itu, kamu bisa mengunduh aplikasi Fences.


 Siap dehh, back to the topic bung.
Oke, kita akan mulai…


Pastikan kamu sudah membuka aplikasi Photoshopnya.

            Setelah dibuka, sekarang kamu buka gambar logo yang mau diberi efek timbul. Bisa dengan cara ke menu FILE lalu klik OPEN, atau tinggal pencet CTRL+O.


Sekarang tinggal klik OPEN.


Ketahui dulu dimana tab LAYER berada.

            Tab layer berada di kotak di sudut kanan bawah. Di tab pertama kan tulisannya LAYER tuh..


Ubah nama layer BACKGROUND.
            Pengubahan ini bertujuan agar layer diunlock.      **For Your Information : nama layer BACKGROUND itu dikunci, bisa dilihat dari gambar gembok di samping kanan nama layernya. Dan apabila dikunci, layer itu ga bisa diedit**                        . Nah caranya double klik pada nama layer BACKGROUND nya, atau klik kanan pada layer lalu pilih RENAME LAYER. Ubah namanya menjadi terserah yang kamu mau.

Select bagian per bagian yang mau di beri efek timbul.


            ** Untuk menselect, kita dapat menggunakan tool QUICK SELECTION TOOL atau MAGIC WAND TOOL. Klik kanan pada Kotak yang bergambar kuas tersebut untuk menampilkan sub pilihan**.

            Kita tau bahwa efek 3D timbul karena adanya elemen / bagian yang berada di paling dasar, lalu ada elemen yang berada di atasnya, di atasnya lagi, sampai terakhir yang paling atas.
Perhatikan logo SMKN 24 berikut :



Jadi kalau kita liat dari logo SMKN 24 di atas, maka kita akan tau sebagai berikut :
·         Bagian paling dasar               :           Bagian Kuning
·         Bagian ke-2 di atasnya          :           Teks “SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN”, Pita
Oranye, dan Bagian biru (yang berada di tengah bagian kuning).
·         Bagian ke-3 di atasnya          :           Logo monas beserta padi dan kapasnya.
·         Bagian paling atas                 :           Teks “SMKN 24”.
** Jangan bingung maksudnya yaa :D Kalo kurang paham, ikutin aja deh step berikutnya, semoga jadi paham.

Nah dari kesimpulan di atas, berarti kita akan membuat layer ke-2 (diatas layer paling bawah) menjadi timbul, lalu layer selanjutnya, hingga yang paling atas. Let’s do it!!

            Kita lanjutkan bab ini, tentang menselect bagian per bagian. Select bagian yang ke-2 yaitu yang pertama select teks “SEKOLAH MENENGAH KEJURUANNYA” dulu. Pakai MAGIC WAND TOOL agar lebih mudah. Klik bagian huruf-huruf “SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN” tersebut sambil menekan SHIFT. Pastikan semua hurufnya terseleksi.

           
Tuh liaatt, kalo udah keseleksi maka di bagian luar hurufnya ada garis-garis yang berjalan kan.. Kalo garis yang berjalannya tidak berada di luar huruf, berarti pas kamu seleksi tadi kurang sempurna. Coba betulin lagi, ga usah rapih-rapih banget kok.. Tapi jangan lupa pas nyeleksi tetep teken SHIFT!


Potong hasil seleksinya.

            Kalo udah keseleksi semua tuh teks “SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN” nya, tinggal kita CUT, pencet CTRL+X. Wayoloohh, kok jadi ilang teksnya?? Hahaha jangan panik..


Paste kan hasil potongan tadi.


            Nah kan tadi teksnya hilang tuh.. sekarang kamu tinggal paste deh, CTRL+V. Maka tiba-tiba tuiiiinggg…. Tulisannya muncul lagi!! Beserta layer baru yang otomatis muncul karena pastean ini. Layer 1 itu, ya adalah teks tersebut!

Ratakan kembali ke posisi aslinya.


            Sekarang kamu pencet tombol “V” untuk menggunakan MOVE TOOL. Nah kalau udah, tinggal kamu balikan lagi deh teks itu ke tempat asalnya, agar background kotak-kotak (yang warnanya putih abu-abu) itu ga keliatan lagi. Nih hasilnya kalau udah di kembalikan ke posisi aslinya, wahh jadi kaya ga ada yang berubah kan??



Buat efek bayangan.

            Inilah saatnya kita buat teks “SEKOLAH MENENGAH KEJURUAAN” itu timbul. Caranya, pastikan kamu sudah dalam posisi memilih Layer 1 (layer si teks tadi). Lalu klik EFFECT, yang gambarnya tulisan “fx” di posisi bawah pada tab layer. Lalu pilih “DROP SHADOW”.



Atur bayangannya.
            Nah muncul deh kotak dialog baru. Kamu hanya perlu mengatur ANGEL nya, SIZE, DISTANCE, SPREAD, dan yang lainnya, sesuka hatimuu. Jangan lupa nanti kalo udah, pencet “OK”.
 


Nah udah keliatan tuh efek bayangannya.. Weleh-welehh!! Sekarang kamu hanya perlu melakukan hal serupa pada bagian-bagian lainnya sehingga logomu akan berpenampakan seperti ini..

Tidak terlalu sulit ya bung, hanya perlu berimajinasi saja kok. Oiya ayo terus perdalam ilmu desainmu, seperti Photoshop ini. Jangan takut, ilmu ada dimana-mana kok. Bahkan otodidak pun bisa! Tapi sebelumnya, ketahui dulu dasar-dasarnya seperti dimana letak kotak Layer seperti tadi, letak EFFECT, dan berbagai macam tool yang mendasar agar tidak bingung.
Terima kasih telah membaca dan mencoba, salam hangat dari saya Bung! Sampai bertemu di lain tutorial yaa!!


Follow @tidakasli on Twitter.


Unduh tutor ini agar dapat dibaca saat offline!

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

18 Februari 2019 pukul 18.04

Mantab jiwa , salam dari Tulungagung mantul

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. OFFICIAL TIDAKASLI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger